Imperfect Imitation

Dunia ini, diciptakan dalam keadaan berwarna warni
Memiliki ciri khas masing-masing
Dalam setiap negara
Bangsa
Suku
Golongan
Agama

Dan Indonesia, memiliki yang terbanyak, dari semuanya

Tapi...
Entah ini memang cuma perasaanku
Ada yang aneh dengan kebudayaan Indonesia...

Aku coba hubungkan...

Guru Seni ku bilang
"Negara kita ini sedang amnesia, belum tahu siapa sebenarnya dirinya"

Guru Seni yang satu lagi bilang
"Orang Prancis yang mengajar di universitas ***** (lupa lagi namanya) bilang, 'kamu belajar aja kebudayaan kamu ! Ga usah belajar kebudayaan lain'... dan teman saya yang bermain alat musik tradisional, lebih dihargai di luar negri..."

Lalu temanku bilang
"SM*SH itu gerakannya bagus. Tapi wajahnya ! Lebih cocok kalo wajahnya orang korea !!"

Aku pun, malam ini
Menonton Konser Erwin Gutawa di SC*V
Kudapat informasi itu dari temanku

Awalnya dalam hati aku berkawa
"WOW !! Akiko Shikata Indonesia !!"

Dan ketika lagu pertama selesai,
aku senang
aku ingin mendengarkan lagi

Lagu kedua, masuk salah seorang penyanyi Indonesia yang terkenal, tapi tidak terlalu kukenal
Once

Perasaan "WOW" ku hilang

Lalu, tiba-tiba lagu yang ditampilkan selanjutnya adalah
ROCKESTRA
salah satu dari album Erwin Gutawa
Aku sendiri belum pernah mendengar albumnya

Tapi jika isi album itu sama dengan yang dipentaskan malam ini
Maka aku tidak begitu menyukainya

Lagu yang diperdengarkan di sini adalah kolaborasi antara Erwin Gutawa dengan Kotak (nama band)

"MUSIKNYA BAGUS !!"
Kataku dalam hati

"TAPI KALO ORANG INDONESIA YANG BEGINI YANG NYAYI, FEELINGNYA GA DAPET !!"
Kataku lagi dalam hati
Tapi, jangan terlalu dianggap serius
Aku bukan orang yang mengerti musik...

Pada lagu pertama,
Musiknya menggunakan gamelan...kedengarannya
Dan vokal nya, terkesan "Indonesia"
Aku lebih suka yang ini

***
Lalu kupertanyakan lagi,
kubuat lagi sebuah dialog dalam hati
monolog imajinatif kali ini tentang
Mengapa Orang Jepang, itu meniru budaya barat, tapi justru terkadang lebih bagus ??

Kalau menurutku, orang jepang itu meniru budaya barat tidak mentah-mentah
Mereka memprosesnya lagi
Menjadi sesuatu yang lebih unik
Lebih memiliki "ciri khas" yang bahkan orang barat sendiri tidak punya

Begitu pula dengan orang korea

Dan ketika orang Indonesia yang menyerapnya,
hanya 1 kelompok yang aku sangat kenal, yang memiliki "ciri khas" sendiri
dalam menyerap budaya barat

mereka teman-temanku
Yang mencoba untuk ikut *ndomie Jingle Dare, tetapi tidak lolos

Tidak masalah, mungkin menurut panitia itu 'tidak menjual'
Tetapi menurutku, itu adalah lagu "IKLAN" terbaik yang pernah kudengar
mereka menggunakan angklung, dan menyatukannya dengan petikan gitar

Aku suka itu

Kalau saja perkusinya bukan hanya drum, tetapi juga rebana, atau semacamnya
Pasti lebih keren lagi
Atau ditambahkan karinding (alat musik unik yang baru saja kuketahui keberadaannya)

***

Jadi intinya,
aku tidak bilang kalau Indonesia itu buruk dalam mengolah budaya asing yang masuk ke dalam

Tetapi....
entahlah
mungkin ada yang salah
seperti cara belajar bahasa sunda misalnya...

Yah, setidaknya aku merasa lebih baik setelah menulis ini....

Mohon maaf jika ada bagian dari pikiranku tentang ini yang belum sempat kukeluarkan di sini...
(minta maaf pada diri sendiri... ?)

Komentar

  1. aku akan menghilangkan kebingunganmu

    pernah dengar "samba sunda"
    the best sundanese songs ever

    aku tahu dari bapakku, entah apa koneksi beliau dengan penciptaan lagu ini

    and it was played all across europe

    BalasHapus
  2. Hmm...
    Makasih infonya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer