Makna kebersamaan versiku...

Sore ini, aku, dan teman-teman seangkatan di SMA Plus Muthahhari, mengadakan rapat...

Yah, katanya sih rapat... Tapi menurutku cuma kumpul biasa...

Dulu sewaktu masih kelas X, kami sering sekali melakukan ini...
Namun, menurutku, tak satupun penting... tak satupun berguna... tak satupun menghasilkan sesuatu...

Yang dibicarakan hanyalah hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Membuat sebuah acara, dengan alasan agar lebih kompak... Agar lebih dekat... Agar kebersamaan tetap terjaga.... Agar menghubungkan tali silaturahmi...

Tujuan seperti itu tidaklah buruk.
Usulnya pun tidak buruk.

Namun mengapa kita tidak pernah mengajak guru untuk berdiskusi bersama kita ? Agar terasa lebih bebas ? Agar tidak ada yang melarang melakukan apapun yang kita mau ?
Padahal ada guru yang bisa diajak berdiskusi, yang mungkin bisa memberikan solusi yang baik bagi kita...
Kita ini remaja... Masih belum bisa menyelesaikan sebuah masalah dengan baik... Kita masih perlu bantuan dari mereka yang lebih dewasa...

Lalu satu lagi yang aku kurang suka...
Peraturan untuk mengadakan salah satu acara... yang tadi dibicarakan, adalah begini...
"Kalau ada satu saja yang tidak ikut, batal !"
Itu terlalu memaksa...
Apa salahnya jika ada orang yang tidak ikut ? Apa yang kalian inginkan dari orang itu ?
Aku sendiri, tidak mau ikut...
Tapi aku tidak keberatan jika kalian mengadakannya tanpa aku...
Terkadang, atau mungkin, lebih seringnya, aku ingin sendiri...

Mungkinkah kalian menginginkan kebersamaan, dimana semuanya selalu bersama ?
Kebersamaan, menurutku, tidak harus begitu...
Kita melaksanakan sesuatu, dengan cara berbeda, namun tujuan yang sama, itu kebersamaan bukan ? Itu kompak bukan ?

Kita sebenarnya sudah pernah mengalami keadaan seperti itu...
Ketika pertama memasuki SMA, kita memiliki keinginan yang sama, yaitu saling kenal, dan mencaci maki kakak panitia... betul tidak ?

Ketika Spiritual Camp, dan Scout Adventure Camp, kita banyak melakukan hal bersama-sama...

Ketika kita semua kerjasama kerja bakti, membersihkan lingkungan sekitar sekolah, apa itu kurang disebut kompak ?

Begitu banyak cara yang lebih bermanfaat, untuk memupukkan kekompakan, daripada hanya menghamburkan uang, jalan-jalan, makan-makan, nonton, dan lainnya...


Kawan, bukannya aku tidak suka kalian...
Tapi, pada diriku ini ada suatu hal yang berkata "tidak perlu" "kau cukup sendiri"
Aku sendiri bingung...
Sudah... tidak tahu harus tulis apa lagi ini...

Komentar

Postingan Populer